Uncategorized

Plaks Indeks

Plaque Index adalah metode pengukuran luasnya keberadaan plak yang dikeluarkan oleh Loe dan Silness pada tahun 1964. Indeks ini bertujuan untuk mengukur skor plak berdasarkan lokasi dan kuantitas plak yang berada dekat margin gingiva. Penilaian dilakukan pada permukaan distofasial, fasial, mesiofasial dan lingual.Penilaian plaque index dilakukan dengan menggunakan kaca mulut dan sonde setelah gigi dikeringkan. Plaque Index tidak meniadakan gigi atau mengganti gigi dengan restorasi gigi atau mahkota. Salah satu dari semua gigi atau hanya gigi yang diseleksi dapat digunakan dalam Plaque Index. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan 6 gigi = 6 2 4 4 2 6. Penilaian Plaque Index setiap area diperoleh dengan cara menjumlahkan nilai dari keempat permukaan setiap gigi. Jumlah nilai Plaque Index setiap area dibagi empat, maka diperoleh Plaqu Index untuk gigi. Sedangkan nilai Plaque Index setiap orang diperoleh dengan cara menjumlahkan nilai Plaque Index setiap gigi kemudian dibagi dengan banyaknya gigi yang diperiksa.

Tahapan yang dilakukan untuk mengetahui plaque index, sebagai berikut:

  1. Mewarnai seluruh permukaan gigi yang tampak dengan Disclosing Solution.
  2. Setelah pasien berkumur, dilakukan pemeriksaan akumulasi plak pada daerah dento gingival junction permukaan mesial, distal, fasial, dan lingual.
  3. Jika ada akumulasi plak, maka dicatat pada Plaque Control Record dengan tanda (.) pada permukaan yang ada plaknya. Akumulasi plak yang tidak pada daerah dento gingival junction, tidak dicatat.
  4. Sesudah semua gigi diperiksa dan diskor, maka indeks plak dapat dihitung dengan menjumlahkan permukaan yang ada akumulasi plak dibagi jumlah seluruh permukaan gigi yang diskor (mesial, distal, fasial, dan lingual) dikalikan 100%.

Cara pemberian skor untuk indeks plak :

0       =  tidak ada plak pada gingiva

1       = dijumpai lapisan tipis plak yang melekat pada margin gingiva di daerah yang berbatasan dengan gigi tetangga

2       = dijumpai tumpukan sedang plak pada saku gingiva dan pada margin gingiva dan atau pada permukaan gigi tetangga yang dapat dilihat langsung

3       = terdapat deposit lunak yang banyak pada saku gingiva dan atau pada margin dan permukaan gigi tetangga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s